main-logo Selamat Datang di Website Kantor Imigrasi Kelas I Manado

IMMIGRATION GOES TO CAMPUS

Foto untuk : IMMIGRATION GOES TO CAMPUS

Kantor Imigrasi Kelas I Manado bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Indonesia (UNPI) mengadakan acara Immigration Goes to Campus pada tanggal 03 Oktober 2018, pukul 13.30 wita yang bertempat di Aula Kampus UNPI Manado dengan jumlah peserta sebanyak 123 orang dosen dan mahasiswa. Dalam rangkaian kegiatan tersebut dilakukan sosialisasi keimigrasian dengan tema “Pengawasan Keimigrasian yang Partisipatif dan Antrian Paspor Online” dengan narasumber beberapa Pejabat Struktural dan Staf di lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I Manado.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Manado Bapak Friece Sumolang, SH, MH dalam sambutan yang dibacakan oleh Kasi Statuskim Bapak Heri Maryono, S.Sos memaparkan bahwa untuk menjalankan fungsi keimigrasian dibidang pelayanan publik, Kantor Imigrasi Kelas I Manado senantiasa mengaplikasikan inovasi-inovasi terbaru guna menyesuaikan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat termasuk mengimplementasikan aplikasi antrian paspor secara online. Begitupun dengan aspek pengawasan, dimana jumlah kunjungan wisatawan asing di Sulawesi Utara yang telah mencapai jumlah 100.058 orang per 01 Oktober 2018, selain membawa dampak positif namun juga berpotensi menimbulkan dampak-dampak negatif seperti kesempatan masuknya imigran gelap, berkembangnya sindikat-sindikat kriminal internasional, dan berbagai bentuk pelanggaran hukum lainnya. Sehingga melalui kegiatan ini, Kantor Imigrasi Kelas I Manado mengajak civitas akademika kampus khususnya mahasiswa untuk ikut terlibat dan berpatisipasi mengawasi keberadaan dan aktivitas orang asing di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNPI, Ratnasari Paraisu, S.IP, MA dalam sambutannya mengapresiasi terlaksananya acara ini. Ia mengungkapkan bahwa UNPI selalu terbuka untuk bermitra dengan Kantor Imigrasi Kelas I Manado dalam melaksanakan agenda pelayanan dan pengawasan keimigrasian karena sejalan dengan salah satu bagian Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

Dalam pembukaan acara tersebut juga hadir Rektor UNPI Manado, Dra. Debby Ch. Rende, para Wakil Rektor UNPI Manado, serta para dosen UNPI Manado yang terlihat antusias mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Acara “Immigration Goes to Campus” ini diakhiri dengan pembentukan “Komunitas Mahasiswa Orang Asing” sebagai bentuk adanya partisipasi publik dalam pengawasan keimigrasian terhadap Orang Asing.

 

Penulis: Romel Malensang

Iklan 5
IKlan 3
iklan 10
Iklan Sidebar Kanan
Iklan Sidebar Kiri